November 17, 2015

SIAPA BILANG TEKNIK SIPIL GAK BOLEH JADI PERANCANG PROGRAM

Assalamu'alaikum Di jaman yang semakin canggih ini segala hal dihubungkan sama teknologi. Mau berkomunikasi ada beberapa pilihan tekn... thumbnail 1 summary
Assalamu'alaikum

Di jaman yang semakin canggih ini segala hal dihubungkan sama teknologi. Mau berkomunikasi ada beberapa pilihan teknologi, dari yang namanya teknologi social media sampe video call yang bisa bikin kita melihat langsung wajah orang yang kita hubungi. Nah begitu juga di dunia teknik sipil. Di luar negara kita, hampir segala pekerjaan sipil menggunakan program. Dari perancangan struktur yaitu software sekelas SAP 2000. TEKLA, sampe SANSPRO hingga manajemen proyek yaitu Ms Project dan Primavera. Di dunia mekanika tanah juga ada software PLAXIS. Sedangkan di dunia konstruksi jalan ada software seperti EVERSTRESS, ELMOD hingga SIDRA.

Namun sayangnya, masih sedikit programmer lokal kita yang merancang program untuk Teknik Sipil sendiri. Padahal software-software di atas ada beberapa yang memiliki kekurangan seperti penerapan aturan desain yang dikondisikan untuk lingkungan di Indonesia. Padahal kalau programmer dari negara sendiri, yang juga dari teknik sipil pasti lebih memahami kondisi untuk Indonesia dan programnya bisa lebih murah dan lebih mempermudah pekerjaan teknik sipil di negara ini. Beberapa dari programmer lokal yang saya kenal adalah Bapak Wiryanto, salah seorang dosen UPH yang seorang ahli struktur. Beliau ini ampe sudah ngeluarin beberapa buku yang membahas perancangan program di dunia teknik sipi dengan basis Visual Basic. Keren kan.

So, buat kawan-kawan teknik sipil yang jago programming, yuk mari rancang program bantu biar kita bisa bantu masalah konstruksi di negara ini dan juga bisa meningkatkan produksi negeri di bidang teknologi.

Salam Teknik Sipil

No comments

Post a Comment

Blogwalker yang bijak selalu meninggalkan jejak berupa saran dan komentar :)